Rabu, 28 Maret 2018

Mengadakan Pensi Dengan Diiringi Musik

{ Mengadakan Pensi Dengan Diiringi Musik }

Assalaamualaikum warohmatullah wabarokaatuh.

Ustad mau tanya bagaimana hukumnya sekolah 2 dasar islam yg mengadakan kegiatan pentas seni islami utk siswanya, yg kadang memakai musik2 tentang perjuangan islam untuk mengobarkan semangat,bagaimana sikap orang tua seharusnya?

Jazakumullah khoiron atas jawabannya.

Jawaban

Waalaikumussalam warohmatulloh wabarokatuh.

1. Hukum musik sudah dijelaskan keharamannya oleh Allah ta'ala dalam Alqur'an [QS Luqman 6], Sahabat Ibnu Mas'ud -radhiallahu anhu- sampai bersumpah, bahwa yang dimaksud dg "perkataan yg sia-sia" di ayat tersebut adalah "nyanyian". Dan yang dimaksud dg nyanyian dalam perkataan beliau adalah nyanyian yang diiringi oleh musik, karena itulah yang lazim terjadi di zaman beliau.

2. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam juga telah dengan sangat tegas mengatakan tentang haramnya alat musik, beliau telah bersabda: "Sungguh benar-benar akan ada banyak kaum dari umatku, mereka menghalalkan perzinaan, sutera (bagi lelaki), khamr, dan alat-alat musik". [HR. Bukhari 5590] ... lihatlah bagaimana beliau dalam sabda ini menyandingkan alat-alat musik dengan perzinaan dan khamr ... sehingga sebagaimana perzinaan dan khamr diharamkan, begitu pula alat-alat musik ... dan tidaklah alat-alat musik diharamkan, melainkan karena hasil musiknya.

3. Para ulama dahulu juga sudah ijma' akan haramnya alat-alat musik ini, sebagaimana ditegaskan Imam Nawawi dan imam-imam yang lainnya, rahimahumullahu jami'an.

4. Tidak ada perbedaan hukum haramnya alat musik, baik utk tujuan yang baik ataupun untuk tujuan yang tidak baik ... karena sesuatu yang haram tetaplah diharamkan, walaupun digunakan untuk tujuan baik, sebagaimana perzinaan untuk menafkahi keluarga, atau minum khamr untuk menenangkan jiwa.

5. Bila pengelola sekolah bisa dinasehati, maka sampaikan nasehat dengan baik dan santun ... bila belum bisa diterima, maka pertimbangkan untuk memindahkan anak ke sekolah lain, dengan memperhatikan maslahat dan mudharatnya ... yakinlah bila kita bertakwa kepada Allah, pasti Allah memberikan kita solusi, wallahu a'lam.

Semoga bermanfaat.

Ustadz Dr. Musyaffa’ Ad Dariny, MA
Dewan Pembina Yayasan Risalah Islam

Oleh: Mutiara Risalah Islam

📝  Mau Dapat Tambahan Ilmu Setiap Hari dari Ust Dr.Musyaffa’ad Dariny,M.A.

📚  Anda akan mendapatkan Nasehat, Artikel,Tanya Jawab Terbaik Setiap Hari di Group WA Mutiara Risalah Islam MRI

☎  Daftar ke Wa : 089628222285 atau klik 👉 http://gabung.kliksini.me/wa/groupMRI

0 komentar:

Posting Komentar