Selasa, 07 Juni 2022

Daurah Ramadhan 1442

Daurah Ramadhan 1442






1.

Alamat Khafadh pada Isim ghairu Munsharif adalah ….


A الْضَمَّةُ

B. الْكَسْرَةُ

C. الْفَتْحَةُ

D. الْأَلِفُ


Kunci Jawaban : C

2.

Tanda Nashab bagi الْأَفْعَالُ الْخَمْسَةُ adalah ….


A حَذْفُ النُّوْنِ

B. ثُبُوْتُ النُّوْنِ

C. الْفَتْحَةُ

D. الْأَلِفُ


Kunci Jawaban : A

3.

Perhatikan kalimat berikut ini!

ذهبت فاطمة إلى المسجد بالدراجة

(Fatimah pergi ke masjid menggunakan sepedah)

Kalimat di atas jika diberi harakat dengan tepat, maka menjadi ….


A ذَهَبَتِ فَاطِمَةُ إِلَى الْمَسْجِدَ بِالدَّرَّاجَةِ

B. ذَهَبَتْ فَاطِمَةٌ إِلَى الْمَسْجِدِ بِالدَّرَّاجَةِ

C. ذَهَبَتْ فَاطِمَةُ إِلَى الْمَسْجِدِ بِالدَّرَّاجَةِ

D. ذَهَبَتْ فَاطِمَةَ إِلَى الْمَسْجِدِ بِالدَّرَّاجَةُ


Kunci Jawaban : C

4.

Berikut ini merupakan alamat ‘Irab bagi Khafadh, kecuali ….


A. الكَسْرَةُ

B اليَاءُ

C. الأَلِفُ

D. الفَتْحَةُ


Kunci Jawaban : C

5.

Berkut ini merupakan macam-macam kata, kecuali ….


A. الاسم

B. الفعل

C. الحرف

D اللفظ


Kunci Jawaban : D

6.

Tentukan kedudukan I’rab dari dua kata yang digaris bawahi berikut:

1) عَلَّمَ الأُسْتَاذُ مُسْلِمَاتٍ

(Ustadz telah mengajari para wanita muslimah)

2) مَرَرْتُ بِمُسْلِمَاتٍ

(Saya berpapasan dengan para wanita muslimah)

I’rab ( مُسْلِمَاتٍ ) pada kalimat (1) dan (2) adalah ….


A. (1) مَنْصُوْبٌ - (2) مَنْصُوْبٌ

B (1) مَخْفُوْضٌ - (2) مَخْفُوْضٌ

C. (1) مَخْفُوْضٌ - (2) مَنْصُوْبٌ

D. (1) مَنْصُوْبٌ - (2) مَخْفُوْضٌ


Kunci Jawaban : C

7.

Hukum memahami ungkapan-ungkapan bahasa arab pada kalimat yang wajib kita ucapkan dalam ibadah (seperti bacaan-bacaan wajib dalam shalat) adalah ....


A Fardhu 'Ain

B. Fardhu Kifayah

C. Sunnah

D. Mubah


Kunci Jawaban : A

8.

Pokok pembahasan kitab Al-Aajurumiyyah adalah ilmu nahwu. Dafinisi dari Ilmu Nahwu adalah ….


A. Ilmu yang diketahui dengannya maksud suatu makna dengan jalan yang berbeda-beda dalam penjelasannya

B. Ilmu yang mempelajari bentuk susunan kata dan keadaannya, dan apa-apa yang mencangkup dengannya selain I’rab dan Bina

C Ilmu yang mempelajari perubahan kata dari suatu bentuk ke bentuk yang lainnya

D. Ilmu tentang kaidah-kaidah yang diketahui dengannya hukum-hukum akhir kata dalam Bahasa Arab ketika tersusun dalam sebuah kalimat


Kunci Jawaban : D

9.

Penjelasan yang tidak tepat dari perkataan dibawah ini adalah ….


A. اَلْحَرْفُ مَا لَا يَصْلُحُ مَعَهُ دَلِيْلُ الْإِسْمِ وَلَا دَلِيْلُ الْفِعْلِ

B اَلْفِعْلُ يُعْرَفُ بِالْخَفْضِ وَالتَّنْوِيْنِ وَدُخُوْلِ الْأَلِفِ وَالَّامِ وَحُرُوْفِ الْخَفْضِ

C. اَلْإِسْمُ يُعْرَفُ بِالْخَفْضِ وَالتَّنْوِيْنِ وَدُخُوْلِ الْأَلِفِ وَالَّامِ وَحُرُوْفِ الْخَفْضِ

D. اَلْفِعْلُ يُعْرَفُ بِقَدْ وَالسِّيْنِ وَسَوْفَ وَالتَّاءِ التَّأْنِيْثِ السَّاكِنَةِ


Kunci Jawaban : B

10.

Perhatikan Kalimat berikut ini!

الْمُسْلِمُوْنَ يَذْهَبُوْنَ إِلَى الْمَسْجِدِ

الْمُسْلِمُوْنَ : مَرْفُوْعٌ وَعَلَامَةُ رَفْعِهِ ........ (1) 

يَذْهَبُوْنَ : مَرْفُوْعٌ وَعَلَامَةُ رَفْعِهِ ........ (2) 

Jawablah dengan tepat alamat I’rab kedua kata di atas!


A. الْفَتْحَةُ (1) الْفَتْحَةُ (2)

B. الْوَاوُ (1) ثُبُوْتُ النُّوْنِ (2)

C ثُبُوْتُ النُّوْنِ (1) الْوَاوُ (2)

D. الْوَاوُ (1) الْوَاوُ (2)


Kunci Jawaban : B

11.

Berikut ini yang kedudukan akhir kalimatnya selalu tetap (mabni), kecuali ….


A. الْفِعْلُ الْمَاضِي

B الْاسْمُ الَّذِيْ لَا يَنْصَرِفُ

C. الْحَرْفُ

D. فِعْلُ الْأَمْرِ


Kunci Jawaban : B

12.

Berikut ini yang tidak termasuk النَّوَاصِبُ (huruf-huruf yang menashobkan) adalah ….


A. لَمْ

B لَامُ كَيْ

C. لَنْ

D. أَنْ


Kunci Jawaban : A

13.

Perhatikan kalimat berikut!

مَرَرْتُ بِإِبْرَاهِيْم فِي الْمَسْجِدِ

I’rab yang tepat dari kata ( إبراهيم ) pada kalimat di atas adalah ….


A. إِبْرَاهِيْمَ : مَنْصُوْبٌ وَعَلَامَةُ نَصْبِهِ الْكَسْرَةُ الْمُقَدَّرَةُ

B. إِبْرَاهِيْمَ : مَنْصُوْبٌ وَعَلَامَةُ نَصْبِهِ الْفَتْحَةُ الظَّاهِرَةُ

C إِبْرَاهِيْمَ : مَخْفُوْضٌ بِالْبَاءِ وَعَلَامَةُ خَفْضِهِ الْفَتْحَةُ لِأَنَّهُ الْاسْمُ الَّذِيْ لَا يَنْصَرِفُ

D. إِبْرَاهِيْمِ : مَخْفُوْضٌ بِالْبَاءِ وَعَلَامَةُ خَفْضِهِ الْكَسْرَةُ الْمُقَدَّرَةُ


Kunci Jawaban : C

14.

Berikut ini yang tidak termasuk الجَوَازِمُ (huruf-huruf yang menjazemkan) adalah ….


A. لَمْ

B أَلَمْ

C. إِذَنْ

D. لَمَّا


Kunci Jawaban : C

15.

Al-Fathah ( الْفَتْحَةُ ) menjadi alamat nashab pada tempat berikut ini, kecuali ….


A. الْأَسْمَاءُ الْخَمْسَةُ

B. الاسْمُ الْمُفْرَدُ

C. الْفِعْلُ الْمُضَارِعُ إِذَا دَخَلَ عَلَيْهِ نَاصِبٌ وَلَمْ يَتَّصِلْ بِآخِرِهِ شَيْءٌ

D. جَمْعُ التَّكْسِيْرِ


Kunci Jawaban : A

16.

Perhatikan kalimat berikut ini!

لَمْ أخرج مِنَ الْمَعْهَدِ حَتَّى أَحْفَظَ الْقُرْآنَ

I’rab yang tepat dari kata ( أخرج ) pada kalimat di atas adalah ….


A. أخرج : مَجْزُوْمٌ بِـ (لَمْ) وَعَلَامَةُ جَزْمِهِ الْحَذْفُ لِأَنَّهُ الْفِعْلُ الْمُضَارِعُ الْمُعْتَلُّ الْآخِرُ

B. أخرج : مَنْصُوْبٌ بِـ (لَمْ) وَعَلَامَةُ نَصْبِهِ الْفَتْحَةُ لِأَنَّهُ الْفِعْلُ الْمُضَارِعُ الْمُعْتَلُّ الْآخِرُ

C. أخرج : مَجْزُوْمٌ بِـ (لَمْ) وَعَلَامَةُ جَزْمِهِ الْفَتْحَةُ لِأَنَّهُ الْفِعْلُ الْمُضَارِعُ الصَّحِيْحُ الْآخِرُ الَّذِيْ لَمْ يَتَّصِلْ بِآخِرِهِ شَيْءٌ

D أخرج : مَجْزُوْمٌ بِـ (لَمْ) وَعَلَامَةُ جَزْمِهِ السُّكُوْنُ لِأَنَّهُ الْفِعْلُ الْمُضَارِعُ الصَّحِيْحُ الْآخِرُ الَّذِيْ لَمْ يَتَّصِلْ بِآخِرِهِ شَيْءٌ


Kunci Jawaban : D

17.

Penulis mengatakan:

الْمُعْرَبَاتُ قِسْمَانِ : قِسْمٌ يُعْرَبُ بِـ ........ وَقِسْمٌ يُعْرَبُ بِـ ........

Lanjutan yang tepat untuk melengkapi perkataan penulis di atas adalah ….


A. الْحَرَكَاتِ , الْحُرُوْفِ

B الْحَرَكَاتِ , الْحَذْفِ

C. الْحَذْفِ , الْحُرُوْفِ

D. الْحَذْفِ , الثُّبُوْتِ


Kunci Jawaban : A

18.

Berikut ini yang kata tidak termasuk ke dalam الأَسْمَاءُ الْخَمْسَةُ adalah ….


A. أَبُوْكَ

B أَخُوْكَ

C. ذُوْ مَالٍ

D. قُوْا أَنْفُسَكُمْ


Kunci Jawaban : D

19.

Berikut ini yang tidak termasuk ke dalam الْأَفْعَالُ الْخَمْسَةُ adalah ….


A. يَفْعَلْنَ , تَفْعَلْنَ

B. يَفْعَلَانِ , تَفْعَلَانِ

C تَفْعَلِيْنَ

D. يَفْعَلُوْنَ , تَفْعَلُوْنَ


Kunci Jawaban : A

20.

Perhatikan kalimat berikut ini!

رَأَيْتُ قلمين عَلَى الْمَكْتَبِ

I’rab yang tepat dari kata ( قلمين ) pada kalimat di atas adalah ….


A. قلمين : مَنْصُوْبٌ وَعَلَامَةُ نَصْبِهِ الْيَاءُ

B قلمين : مَرْفُوْعٌ وَعَلَامَةُ رَفْعِهِ الضَّمَّةُ الْمُقَدَّرَةُ

C. قلمين : مَخْفُوْضٌ بِـ (عَلَى) وَعَلَامَةُ خَفْضِهِ الْكَسْرَةُ الظَّاهِرَةُ

D. قلمين : مَخْفُوْضٌ بِـ (تُ) وَعَلَامَةُ خَفْضِهِ ثُبُوْتُ النُّوْنِ


Kunci Jawaban : A

21.

Ayat dalam Al-Qur’an yang mengabarkan bahwa puasa merupakan kewajiban umat Nabi Muhamamd shalallahu ‘alaihi wasallam dan umat-umat sebelumnya adalah ….


A. وَأَنْ تَصُومُوا خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

B يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

C. شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَىٰ وَالْفُرْقَانِ

D. فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ


Kunci Jawaban : B

22.

Orang yang berpuasa akan mendapatkan ampunan atas dosa-dosanya  yang telah lalu dengan dua syarat, yaitu berpuasa dengan penuh keimanan dan ihtisaab. Makna dari ihtisaab adalah ….


A. Rasa lelah karena menahan lapar dan dahaga karena Allah Ta’ala

B. Muhasabah diri atas segala kekurangan dalam puasa dan amalnya

C Mengharap pahala dari Allah subhanahu wa ta’ala

D. Mengharap dari Allah kekayaan duniawi dan kesehatan karena puasanya


Kunci Jawaban : C

23.

Berikut merupakan hikmah dan keutamaan dari puasa, kecuali ….


A. Mendapat kebahagiaan saat berjumpa dengan Allah

B. Puasa akan memberikan syafa’at di hari kiamat

C. Mendapat ampunan atas dosa-dosanya yang telah lalu

D Mendapatkan harta kekayaan di dunia


Kunci Jawaban : D

24.

Syari’at puasa Ramadhan diwajibkan pada tahun ….


A. 1 Hijriah

B 2 Hijriah

C. 7 Hijriah

D. 9 Hijriah


Kunci Jawaban : B

25.

Penetapan awal dan akhir bulan Ramadhan dalam syari’at islam hanya terdapat 2 cara saja, yaitu ….


A Ru’yah (melihat hilal) dan menyempurnakan bilangan bulan menjadi 30 hari jika hilal terhalang

B. Ru’yah (melihat hilal) dan hisaab

C. Hisab dan menyempurnakan bilangan bulan menjadi 30 hari jika hilal terhalang

D. Ru’yah (melihat hilal) dan menyempurnakan bilangan bulan menjadi 28 hari jika hilal terhalang


Kunci Jawaban : A

26.

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

أَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الْفَرِيْضَةِ صَلَاةُ اللَّيْلِ

“Shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah …..” (HR. Muslim)

Lanjutan yang tepat dari terjemahan hadits di atas adalah ….


A. Shalat witir

B Shalat malam

C. Shalat tahajud

D. Shalat tarawih


Kunci Jawaban : B

27.

Jumlah rakaat dalam shalat witir yang sesuai dengan hadits-hadits yang shahih adalah ….


A 1, 3, 5, 7, 9, dan 11 raka’at

B. 1, 2, 3, 4, 5, 7, 9, dan 11 raka’at

C. 1, 2, 3, 5, 7, dan 9 raka’at

D. 3, 5, 7, 9, 11, dan 13 raka’at


Kunci Jawaban : A

28.

Tilawah Al-Qur’an terbagi menjadi dua, yaitu tilawah hukmiyyah dan tilawah lafzhiyyah. Makna dari tilawah hukmiyyah adalah ….


A Mempercayai kabar-kabar, merealisasikan hukum-hukum, dan melaksanakan perintah juga menjauhi larangan yang terdapat dalam Al-Qur’an

B. Membaca Al-Qur’an dengan lisan

C. Menulis Al-Qur’an di lembaran-lembaran atau kitab

D. Mendengarkan bacaan Al-Qur’an


Kunci Jawaban : A

29.

Dalil yang mengabarkan bahwa Al-Qur’an akan menjadi syafa’at pada hari kiamat adalah ….


A اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لأَصْحَابِهِ

B. خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ

C. المَاهِرُ بِالقُرْآنِ مَعَ السَّفَرَةِ الكِرَامِ البَرَرَةِ

D. وَالَّذِي يَقْرَأُ الْقُرْآنَ وَيَتَتَعْتَعُ فِيهِ وَهُوَ عَلَيْهِ شَاقٌّ لَهُ أَجْرَانِ


Kunci Jawaban : A

30.

Berikut ini golongan yang tidak diwajibkan atasnya untuk puasa Ramadhan, kecuali ….


A. Anak kecil sampai dia baligh

B. Orang gila

C. Orang pikun

D Orang sakit dengan sakit yang ringan


Kunci Jawaban : D

31.

Tuntunan membayar fidyah haruslah mengunakan makanan, sesuai dengan firman Allah Ta’ala yaitu ….


A. وَعَلَى الَّذِينَ يُطِيقُونَهُ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِينٍ

B. يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

C أَيَّامًا مَعْدُودَاتٍ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ

D. شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ


Kunci Jawaban : A

32.

Berikut ini merupakan perkara yang haram dan dapat menghapus pahala puasa, kecuali ….


A Menangis

B. Mendengarkan musik

C. Namimah

D. Berkata dusta


Kunci Jawaban : A

33.

Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

مَنْ لَمْ يَدَعْ قَوْلَ الزُّورِ وَالْعَمَلَ بِهِ وَالْجَهْلَ فَلَيْسَ لِلَّهِ حَاجَةٌ أَنْ يَدَعَ طَعَامَهُ وَشَرَابَهُ

"Barangsiapa tidak meninggalkan perkataan dan perbuatan kotor, juga tindakan bodoh, maka Allah …..” (HR. Bukhari)

Lanjutan yang tepat dari terjemahan hadits di atas adalah ….


A. Tidak akan memenuhi hajatnya berupa makanan dan minuman

B. Tidak akan memberi hidangan makan dan minum pada hari kiamat

C Tidak butuh atas usahanya dalam menahan rasa lapar dan dahaga

D. Tidak butuh atas usahanya dalam bersedekah makan dan minum


Kunci Jawaban : C

34.

Berikut ini merupakan Sunnah-sunnah yang berkaitan dengan puasa kecuali ….


A. Menyegerakan berbuka

B. Mengakhirkan sahur

C. Berbuka dengan ruthab

D Mengakhirkan berbuka agar puasanya lebih lama


Kunci Jawaban : D

35.

Berikut ini merupakan pembatal-pembatal puasa, kecuali ….


A. Muntah dengan sengaja

B Keluar mani di siang hari karena bermimpi

C. Haid dan nifas

D. Menghirup air dengan hidung hingga masuk ke tenggorokan dengan sengaja


Kunci Jawaban : B

36.

Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Al-Quran itu (bisa) menjadi hujjah yang mendukungmu, atau yang menuntutmu.” (HR. Muslim)

Lafazh yang tepat dari hadits di atas adalah ….


A اَلْقُرْآنُ حُجَّةٌ لَكَ أَوْ عَلَيْكَ

B. المَاهِرُ بِالقُرْآنِ مَعَ السَّفَرَةِ الكِرَامِ البَرَرَةِ

C. خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ

D. وَالَّذِي يَقْرَأُ الْقُرْآنَ وَيَتَتَعْتَعُ فِيهِ وَهُوَ عَلَيْهِ شَاقٌّ لَهُ أَجْرَانِ


Kunci Jawaban : A

37.

Berikut ini yang bukan merupakan adab tilawah Al-Qur’an adalah ….


A. Membaca Al-Qur’an dengan mengharap wajah Allah

B Membaca Al-Qur’an dengan begitu keras di tempat umum

C. Membaca dengan tartil dan mengindahkan bacaannya

D. Membaca Al-Qur’an dalam keadaan suci


Kunci Jawaban : B

38.

Zakat merupakan salah satu dari rukun islam yang wajib ditunaikan. Barang siapa yang mengingkari kewajiban zakat maka dia ….


A. Fasik, namun tidak keluar dari islam

B. Telah melakukan dosa kecil

C Kafir, keluar dari islam

D. Muslim yang tidak ta’at


Kunci Jawaban : C

39.

Berikut ini meruakan harta yang wajib dizakati, kecuali ….


A. Biji-bijian dan buah-buahan yang bisa ditakar dan dijadikan makanan pokok

B Profesi

C. Hewan ternak yaitu unta, sapi, kambing atau domba

D. Barang dagangan


Kunci Jawaban : B

40.

Diantara harta yang wajib dizakati adalah emas dan perak, juga termasuk uang. Adapun nishab emas adalah …. , dan nishab perak adalah ….


A. 20 dinar, 5 uqiyyah

B. 5 dinar, 20 uqiyyah

C 85 dinar, 595 uqiyyah

D. 595 dinar, 85 uqiyyah


Kunci Jawaban : A

41.

Al-Fatihah adalah Surah Makiyyah. Pengertian yang tepat dari makiyyah adalah ….


A Surah yang diturunkan di Mekkah

B. Surah yang diturunkan sebelum Nabi hijrah ke Madinah

C. Surah yang diturunkan di Madinah

D. Surah yang diturunkan setelah Nabi hijrah ke Madinah


Kunci Jawaban : B

42.

Wajib bagi setiap muslim mengimani nama-nama Allah yang di setiap nama-Nya tersebut pasti terkandung sifat-sifat-Nya. Sifat yang terkandung dalam Nama Allah yaitu Ar-Rahmaan dan Ar-Rahiim adalah ….


A. Al-Hayyu

B. Al-Malik

C. Al-Qayyuum

D Rahmah


Kunci Jawaban : D

43.

Allah berhak memerintah, melarang, memberi ganjaran, menghukum dan memperlakukan makhluk sesaui kehendak-Nya. Hal tersebut diantara dampak dari sifat Allah yaitu ….


A Merajai

B. Murka

C. Ar-Rahmaan

D. Ar-Rahiim


Kunci Jawaban : A

44.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ

“Hanya Engkaulah yang kami ibadahi, dan hanya kepada Engkaulah kami isti’aanah (meminta pertolongan).”

Allah menyebutkan kekhususan isti’anah, padahal isti’anah termasuk kedalam keumuman ibadah. Diantara faidah dari hal tersebut adalah ….


A Penekanan terhadap bab isti’anah, karena banyak kesyirikan terjadi melalui pintu isti’anah

B. Bolehnya isti’anah kepada Allah dan kepada keselain-Nya

C. Isti’anah kepada selain Allah, termasuk kedalam isti’anah kepada Allah

D. Isti’anah kepada selain Allah, termasuk kedalam ibadah kepada Allah


Kunci Jawaban : A

45.

Pengertian Ibadah yang tepat sebagaimana yang dinukil oleh Asy-Syaikh As-Sa’di dalam tafsirnya adalah ….


A. Segala sesuatu yang bersumber dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, baik berupa ucapan, perbuatan, maupun takrir (persetujuan)

B. Beriman kepada nama-nama Allah, sifat-sifat Allah, dan hukum-hukum yang terkandung dalam sifat-sifat-Nya

C. Bersandar kepada Allah dalam mendapatkan segala kebaikan dan menolak keburukan, dengan disertai keyakinan keada Allah dalam mewujudkannya

D Nama yang mencakup segala sesuatu yang dicintai oleh Allah dan diridhai-Nya dalam bentuk perbuatan maupun ucapan, yang nampak maupun tersembunyi


Kunci Jawaban : D

46.

Hidayah terbagi menjadi dua, yaitu hidayah …. yakni petunjuk berupa ilmu dan bimbingan, dan hidayah …. yakni petunjuk dari Allah berupa kemampuan untuk beramal.

Isilah titik-titik di atas dengan jawaban yang tepat!


A. Iman, ihsan

B. Ihsan, iman

C Irsyaad, taufiq

D. Taufiq, irsyaad


Kunci Jawaban : C

47.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ

“Tunjukilah kami jalan yang lurus,”

Berikut merupakan penafsiran dari “ الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ “, kecuali ….


A. Agama Islam

B. Al-Qur’an dan As-Sunnah

C. Abu Bakar dan ‘Umar

D Ilmu Kalaam


Kunci Jawaban : D

48.

Berdasarkan penjelasan Syaikh As-Sa’di dalam tafsir Al-Fatihah, makna “ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ “ adalah orang-orang yang mengetahui kebenaran namun malah meninggalkannya, yaitu seperti ….. dan “ الضَّالِّيْنَ “ adalah orang yang meninggalkan kebenaran karena kebodohan dan kesesatan, yaitu seperti ….

Lengkapilah perkartaan yang kosong di atas dengan tepat!


A. Murji’ah, Ahlul Kalaam

B. Ahlul Kalaam, khawarij

C Yahudi, Nashrani

D. Nashrani, Yahudi


Kunci Jawaban : C

49.

Kandungan dari surah Al-Fatihah mencakup seluruh tauhid, yaitu ….


A Tauhid Rububiyyah, Uluhiyyah dan Asma’ wa Sifaat

B. Tauhid Iman, Islam, dan Ihsan

C. Tauhid Khauf, Raja’ dan Mahabbah

D. Tauhid Uluhiyyah, Ilahiyyah dan Ibadah


Kunci Jawaban : A

50.

Menetapkan sifat kesempurnaan bagi Allah sebagaimana yang telah Allah tetapkan bagi-Nya, dan yang ditetapkan pula oleh Rasul-Nya, tanpa ta’tiil, tamtsiil, dan tasybiih, meurpakan penjelasan dari Tauhid ….


A. Rububiyyah

B. Uluhiyyah

C. Ilahiyyah

D Asma’ wa Sifaat


Kunci Jawaban : D

51.

Ayat dalam surah Al-Fatihah yang mengandung penetapan adanya kenabian adalah ….


A. مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ

B. إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ

C اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ

D. الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ


Kunci Jawaban : C

52.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

عَمَّ يَتَسَاءَلُونَ * عَنِ النَّبَإِ الْعَظِيمِ

“Tentang apakah mereka saling bertanya-tanya? Tentang berita yang besar”

Yang dimaksud “Berita yang besar” sebagaimana yang dijelaskan oleh para ahli tafsir adalah ….


A Segala apa yang dibawa Nabi shallahu ‘alaihi wasallam, khususnya hari kiamat

B. Kehidupan dunia dan segala kenikmatannya yang kekal

C. Kehidupan akhirat dan segala kenikmatannya yang tidak kekal

D. Dibangkitkannya orang muslim dan tidak akan dibangkitkannya orang kafir pada hari kiamat


Kunci Jawaban : A

53.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

إِنَّ يَوْمَ الْفَصْلِ كَانَ مِيقَاتًا

“Sesungguhnya Hari Keputusan (hari kiamat) adalah suatu waktu yang ditetapkan,”

Pada materi tafsir ayat di atas, telah dijelaskan bahwa yang mengetahui kapan hari kiamat terjadi adalah ….


A. Allah dan para malaikat

B. Allah dan Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam

C. Allah, Nabi-Nya dan para Ulama

D Hanya Allah semata yang mengetahuinya


Kunci Jawaban : D

54.

Syaikh As-Sa’di menjelaskan bahwa ayat yang paling keras yang menunjukkan pedihnya siksa neraka adalah ….


A إِنَّ جَهَنَّمَ كَانَتْ مِرْصَادًا

B. لَا يَذُوقُونَ فِيهَا بَرْدًا وَلَا شَرَابًا

C. إِلَّا حَمِيمًا وَغَسَّاقًا

D. فَذُوقُوا فَلَنْ نَزِيدَكُمْ إِلَّا عَذَابًا


Kunci Jawaban : D

55.

Penghuni neraka tidak akan mendapatkan sedikitpun minum keculai Hamiim dan Ghassaaq, yang maknanya adalah ….


A Hamiim adalah Air yang sangat panas, yang membakar wajah dan mengiris-iris usus peminumnya. Ghassaaq adalah nanah penghuni neraka, yang sangat busuk dan rasanya yang begitu buruk

B. Hamiim adalah nanah penghuni neraka, yang sangat busuk dan rasanya yang begitu buruk. Ghassaaq adalah Air yang sangat panas, yang membakar wajah dan mengiris-iris usus peminumnya

C. Hamiim adalah Air yang sangat dingin, yang membekukan tubuh peminumnya. Ghassaaq adalah cairan atau sari buah zaqquum yang busuk lagi panas

D. Hamiim adalah cairan atau sari buah zaqquum yang busuk lagi panas. Ghassaaq adalah Air yang sangat dingin, yang membekukan tubuh peminumnya


Kunci Jawaban : A

56.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

إِنَّ لِلْمُتَّقِينَ مَفَازًا

“Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa mendapat kemenangan,”

Makna dari takwa sebagaimana penjelasan para ulama adalah ….


A Melaksanakan perintah-perintah Allah (yang wajib maupun yang sunnah) dan menjauhi larangan-larangan Allah (yang haram maupun yang makruh)

B. Meninggalkan sesuatu yang dikhawatirkan membahayakan bagi kehidupan akhirat

C. Meninggalkan sesuatu yang tidak bermanfaat untuk kehidupan akhirat

D. Merasa ridha dan cukup dengan pembagian rizki yang Allah tetapkan


Kunci Jawaban : A

57.

Diantara hak Allah adalah bersumpah dengan makhluk-makhluknya, sebagaimana Allah bersumpah dengan para malaikat di surah An-Nazi’at. Adapun bagi makhluk, bersumpah dengan selain nama Allah termasuk ….


A. Perkara yang dianjurkan

B. Perkara yang dibolehkan

C. Perkara yang dimakruhkan

D Kesyirikan atau kekufuran


Kunci Jawaban : D

58.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

اذْهَبْ إِلَىٰ فِرْعَوْنَ إِنَّهُ طَغَىٰ * فَقُلْ هَلْ لَكَ إِلَىٰ أَنْ تَزَكَّىٰ

"Pergilah kamu (wahai Musa) kepada Fir'aun, sesungguhnya dia telah melampaui batas, dan katakanlah (kepada Fir'aun): ‘Adakah keinginan bagimu untuk membersihkan diri (dari kesesatan)?’.”

Pada penjelasan ayat di atas, dapat diambil faidah tentang adab rakyat terhadap penguasa, yaitu ….


A Menasihati penguasa sezhalim apapun secara langsung (4 mata) tanpa beramai-ramai, juga dengan ucapan yang lemah lembut

B. Menasihati secara ramai-ramai dengan membawa masa, juga dengan ucapan yang kasar lagi mencela

C. Menasihati penguasa sezhalim apapun secara langsung (4 mata) tanpa beramai-ramai, namun dengan ucapan yang keras dan kasar

D. Menasihati secara ramai-ramai dengan membawa masa, namun dengan ucapan yang lemah lembut


Kunci Jawaban : A

59.

Diantara bentuk penjagaan Allah terhadap Al-Qur’an, Allah jadikan utusan yang membawa Al-Qur’an kepada Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam adalah malaikat, yang mana sifat malaikat adalah mulia, kuat dan bertakwa. Dan Allah tidak menjadikan celah sedikitpun bagi setan untuk mencurinya. Dalil akan hal tersebut adalah .....


A. وَأَمَّا مَن جَآءَكَ يَسْعَىٰ * وَهُوَ يَخْشَىٰ * فَأَنتَ عَنْهُ تَلَهَّىٰ

B. فِي صُحُفٍ مُكَرَّمَةٍ * مَرْفُوعَةٍ مُطَهَّرَةٍ * بِأَيْدِي سَفَرَةٍ * كِرَامٍ بَرَرَةٍ

C. اِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَعِبْرَةً لِّمَنْ يَّخْشٰى * ءَاَنْتُمْ اَشَدُّ خَلْقًا اَمِ السَّمَآءُ بَنٰىهَا

D قُتِلَ الْإِنْسَانُ مَا أَكْفَرَهُ * مِنْ أَيِّ شَيْءٍ خَلَقَهُ * مِنْ نُطْفَةٍ خَلَقَهُ فَقَدَّرَهُ


Kunci Jawaban : B

60.

Sesuatu yang ghaib atau tidak tampak, hanya bisa diketahui dengan tiga cara. Berikut ini yang tidak termasuk kedalam cara tersebut adalah ….


A. Kabar atau penjelasan yang jujur

B Memikirkannya dengan akal

C. Melihat secara langsung

D. Melihat contoh atau sampelnya


Kunci Jawaban : B

61.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

وَإِذَا قِيلَ لَهُمُ اتَّبِعُوا مَا أَنْزَلَ اللَّهُ قَالُوا بَلْ نَتَّبِعُ مَا أَلْفَيْنَا عَلَيْهِ آبَاءَنَا أَوَلَوْ كَانَ آبَاؤُهُمْ لَا يَعْقِلُونَ شَيْئًا وَلَا يَهْتَدُونَ

“Dan apabila dikatakan kepada mereka: ‘Ikutilah apa yang telah diturunkan Allah,’ mereka menjawab: ‘(Tidak), tetapi kami hanya mengikuti apa yang telah kami dapati dari (perbuatan) nenek moyang kami’. (Apakah mereka akan mengikuti juga), walaupun nenek moyang mereka itu tidak mengetahui suatu apapun, dan tidak mendapat petunjuk?". (QS. Al-Baqarah [2]: 170)

Dari ayat di atas dapat diambil faidah bahwa cara beragamanya kaum jahiliyyah adalah ….


A Taklid

B. Mengikuti petunjuk Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam

C. Mengikuti petunjuk Al-Qur’an

D. Mengikuti bimbingan para ulama


Kunci Jawaban : A

62.

Cara memahami Al-Qur’an dan As-Sunnah dengan benar, sehingga terhindar dari berbagai kesesatan adalah ….


A. Memahaminya dengan berpedoman kepada budaya dan adat istiadat

B. Memahaminya dengan berpedoman kepada akal

C. Memahaminya dengan mengikuti pemahaman ahlul kalam dan filosofi yunani

D Memahaminya dengan mengikuti pemahamannya para sahabat, tabi’in dan tabiut tabi’in


Kunci Jawaban : D

63.

Generasi salaf adalah generasi para sahabat, para tabi’in dan tabi’ut tabi’in, mereka itu lah sebaik-baik generasi. Diantara hadits yang menjadi dalil akan ungkapan tersebut adalah ….


A. وَمَنْ يُشَاقِقِ الرَّسُولَ مِنْ بَعْدِ مَا تَبَيَّنَ لَهُ الْهُدَىٰ وَيَتَّبِعْ غَيْرَ سَبِيلِ الْمُؤْمِنِينَ نُوَلِّهِ مَا تَوَلَّىٰ وَنُصْلِهِ جَهَنَّمَ

B وَالسَّابِقُونَ الْأَوَّلُونَ مِنَ الْمُهَاجِرِينَ وَالْأَنْصَارِ وَالَّذِينَ اتَّبَعُوهُمْ بِإِحْسَانٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ

C. خَيْرُ النَّاسِ قَرْنِي ثُمَّ الَّذِيْنَ يَلُوْنَهُمْ ثُمَّ الَّذِيْنَ يَلُوْنَهُمْ

D. قَالُوا بَلْ نَتَّبِعُ مَا أَلْفَيْنَا عَلَيْهِ آبَاءَنَا


Kunci Jawaban : C

64.

Berikut ini yang tidak termasuk kedalam kedudukan dan tugas para ulama adalah ….


A. Amar ma’ruf nahi munkar

B Memprediksi kapan terjadinya hari kiamat

C. Membimbing dan mendidik umat dalam urusan agama

D. Memurnikan ajaran Islam dari berbagai kesesatan yang disandarkan kepada Islam


Kunci Jawaban : B

65.

Diantara ciri khas dari Ahlus Sunnah wal Jama’ah adalah waasithiyyah. Makna dari wasithiyyah adalah ….


A Pertengahan dan adil, tidak berlebihan dan tidak bermudah-mudahan

B. Condong kepada akal dalam beragama dan mengesampingkan wahyu

C. Fleksibel, dengan mencampur baurkan agama dengan kebudayaan yang batil

D. Mengedepankan semangat dalam beragama, sekalipun tanpa didasari ilmu


Kunci Jawaban : A

66.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

يَوْمَ تَبْيَضُّ وُجُوهٌ وَتَسْوَدُّ وُجُوهٌ

“Pada hari yang di waktu itu ada muka yang putih berseri, dan ada pula muka yang hitam muram.” (QS. Ali ‘Imran: 106)

Sahabat yang mulia mengatakan, “Ahlus Sunnah wal Jama’ah adalah orang-orang yang diputihkan wajahnya, dan ketika wajah Ahli Bid’ah wal Furqah dihitam legamkan”.

Sahabat yang dimaksud dalam nukilan tafsir di atas adalah ….


A. Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu

B. Abu Bakar As-Shiddiq radhiallahu ‘anhu

C. Ibnu Mas’ud radhiallahu ‘anhu

D Ibnu Abbas radhiallahu ‘anhu


Kunci Jawaban : D

67.

Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

وَتَفْتَرِقُ أُمَّتِي عَلَى ثَلَاثٍ وَسَبْعِينَ مِلَّةً كُلُّهُمْ فِي النَّارِ إِلَّا مِلَّةً وَاحِدَةً قَالُوا: وَمَنْ هِيَ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ: مَا أَنَا عَلَيْهِ وَأَصْحَابِي

“Umatku akan terpecah menjadi tujuh puluh tiga golongan. Semuanya masuk ke dalam neraka, kecuali satu golongan.” Para sahabat bertanya, “Siapakah mereka, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab, “……..” (HR. Tirmidzi, dinilai hasan oleh syaikh Al-Albani)

Lanjutan yang tepat yang dari terjemahan hadits di atas adalah ….


A Mereka adalah golongan yang berada di atas ajaranku dan para sahabatku

B. Mereka adalah golongan yang mengikuti ajaran kabilahku

C. Mereka adalah golongan yang mengikutiku dan taidak mengkuti para sahabatku

D. Mereka adalah golongan yang mengikutiku dan mengikuti keturunanku


Kunci Jawaban : A

68.

Dalil dalam Al-Qur’an yang mengabarkan bahwa seluruh sahabat dijamin masuk surga adalah ….


A. وَكُلًّا وَعَدَ اللَّهُ الْحُسْنَىٰ

B. مَا أَنَا عَلَيْهِ وَأَصْحَابِي

C. خَيْرُ النَّاسِ قَرْنِي ثُمَّ الَّذِيْنَ يَلُوْنَهُمْ ثُمَّ الَّذِيْنَ يَلُوْنَهُمْ

D أَوَلَوْ كَانَ آبَاؤُهُمْ لَا يَعْقِلُونَ شَيْئًا وَلَا يَهْتَدُونَ


Kunci Jawaban : A

69.

Salah satu kaidah agama yang sangat agung, adalah sebagaimana yang dinukil oleh Imam Ibnu Katsir:

لَوْ كَانَ خَيْرًا لَسَبَقُوْنَا إِلَيْهِ

“Seandainya amalan tersebut baik, tentu mereka (para sahabat) sudah mendahului kita untuk melakukannya.”

Berikut diantara faidah yang diambil dari kaidah di atas, kecuali ….


A. Baik atau buruknya amalan berpatokan kepada amalan para sahabat dan mesti ditimbang dengannya

B Sahabat luput dari kebaikan yang diketahui oleh orang-orang belakangan

C. Jika suatu amal itu baik maka pasti sudah dijelaskan dan dicontohkan oleh para sahabat

D. Amalan yang tidak ada contoh dan penjelasannya dari para sahabat maka bukan termasuk kebaikan


Kunci Jawaban : B

70.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

وَالسَّابِقُونَ الْأَوَّلُونَ مِنَ الْمُهَاجِرِينَ وَالْأَنْصَارِ وَالَّذِينَ اتَّبَعُوهُمْ بِإِحْسَانٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ وَرَضُوا عَنْهُ وَأَعَدَّ لَهُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي تَحْتَهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا أَبَدًا ۚ ذَٰلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ

“Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) dari golongan muhajirin dan anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha kepada mereka dan merekapun ridha kepada Allah dan Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya selama-lamanya. Mereka kekal di dalamnya. Itulah kemenangan yang besar.”

Diantara faidah dari ayat di atas adalah, Ridha Allah hanya diberikan kepada dua golongan, yang pertama kepada Al-Muhajirin dan Al-Anshar, dan yang kedua kepada ….


A. Orang-orang yang mengikuti mereka (nenek moyang) dengan baik

B. Orang-orang yang mengikuti mereka (tokoh ormas) dengan baik

C Orang-orang yang mengikuti mereka (para sahabat, yaitu Al-Muhajirin dan Al-Anshar) dengan baik

D. Orang-orang yang mengikuti mereka (budayawan) dengan baik


Kunci Jawaban : C

71.

Berikut ini merupakan syarat diterimanya amalan seorang hamba, kecuali ….


A. Berkeyakinan dengan aqidah yang lurus

B. Ikhlas

C Beramal dengan mengikuti kebanyakan manusia

D. Mutaba’ah (mengikuti petunjuk Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam)


Kunci Jawaban : C

72.

Imam Malik rahimahullah mengatakan:

فَمَا لَمْ يَكُنْ يَوْمَئِذٍ دِيْنًا لَا يَكُوْنُ الْيَوْمَ دِيْنًا

“Apa saja yang bukan perkara agama pada waktu itu (zaman Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam dan para sahabat), maka …...”

Lanjutan dari terjemahan perkataan Imam Malik di atas adalah ….


A Bukan pula perkara agama pada hari ini

B. Menjadi perkara agama pada hari ini

C. Tidak termasuk bid’ah pada hari ini

D. Kita jadikan perkara agama pada hari ini


Kunci Jawaban : A

73.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

فَإِنْ تَنَازَعْتُمْ فِي شَيْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى اللَّهِ وَالرَّسُولِ

“Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah dan Rasul” (QS. An-Nisaa’: 59)

Maksud dari “Kembalikanlah ia kepada Allah dan Rasul” adalah ….


A Kembalikan kepada Al-Qur’an dan As-Sunnah

B. Tawakkal dan berusaha mengikuti As-Sunnah

C. Kembalikan kepada Syari’at dan Ilmu Kalam

D. Sabar dan Mutaba’ah


Kunci Jawaban : A

74.

Kesimpulan hukum akan menjadi benar dengan memenuhi dua perkara, yaitu ….


A. Berdalil dengan dalil yang shahih dan menyelaraskan dalil tersebut dengan budaya setempat

B. Berdalil dengan dalil yang shahih dan menimbang dalil tersebut dengan akal

C. Berdalil dengan dalil yang dha’if dan benar dalam memahami dalil tersebut

D Berdalil dengan dalil yang shahih dan benar dalam memahami dalil tersebut sesauai pemahaman As-Salaf


Kunci Jawaban : D

75.

Seorang hamba diwajibkan untuk mengikuti dalil berupa wahyu, yaitu Al-Qur’an dan As-Sunnah berdasarkan pemahaman As-Salaf. Jika kita dapati ada ulama yang menyelisihi dalil, maka sikap kita adalah ….


A Tetap teguh mengikuti dalil, dan tidak mengikuti pendapat yang menyelisihinya

B. Mengikuti ulama tersebut sekalipun bertentangan dengan dalil, karena ulama tidak pernah salah

C. Mengikuti yang termudah dan lebih sesuai keinginan jiwa dari kedua perkara yang bertentangan tersebut

D. Berpaling dan mencari pendapat yang lain atau berpendapat dengan mengikuti akalnya


Kunci Jawaban : A

76.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الْإِسْلَامَ دِينًا

“Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu.”

Diantara faidah yang dapat diambil dari ayat di atas adalah ….


A Agama islam sudah sempurna, maka tidak boleh ditambah dan tidak boleh dikurangi

B. Agama islam sudah sempurna, maka tidak boleh ditambah dan namun boleh dikurangi

C. Agama islam sudah sempurna, maka boleh ditambah agar lebih sempurna lagi

D. Agama islam sudah sempurna, maka tambahan dalam agama termasuk kesempurnaan islam


Kunci Jawaban : A

77.

Diantara karakteristik manhaj salaf adalah mengikuti Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam dalam berdakwah, yakni dengan ….


A Memprioritaskan dakwah tauhid dan memperingati umat dari kesyirikan

B. Berdakwah dalam rangka meraih kekuasaan dan kepemimpinan

C. Berdakwah kepada persatukan umat, sekalipun harus mempersatukan antara yang haq dan yang batil

D. Memprioritaskan dakwah kepada pengagungan manusia dan tokoh-tokoh tertentu


Kunci Jawaban : A

78.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

وَمَنْ يُشَاقِقِ الرَّسُولَ مِنْ بَعْدِ مَا تَبَيَّنَ لَهُ الْهُدَىٰ وَيَتَّبِعْ غَيْرَ سَبِيلِ الْمُؤْمِنِينَ نُوَلِّهِ مَا تَوَلَّىٰ وَنُصْلِهِ جَهَنَّمَ ۖ وَسَاءَتْ مَصِيرًا

“Dan barangsiapa yang menentang Rasul sesudah jelas kebenaran baginya, dan mengikuti jalan yang bukan jalan orang-orang mukmin, Kami biarkan ia leluasa terhadap kesesatan yang telah dikuasainya itu dan Kami masukkan ia ke dalam Jahannam, dan Jahannam itu seburuk-buruk tempat kembali.”

Makna dari “orang-orang mukmin” pada ayat di atas adalah ….


A Para sahabat radhiallahu ‘anhum

B. Ahlul Kalam

C. Budayawan

D. Kebanyakan manusia


Kunci Jawaban : A

79.

Definisi As-Sunnah menurut ulama hadits adalah ….


A. Segala sesuatu yang dinukil dari Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam, tetapi bukan perkara yang diungkapkan secara tegas dalam Al-Qur’an

B. Ungkapan untuk sesuatu yang hukumnya tidak wajib, yakni hukumnya sunnah

C. Segala sesuatu yang sesuai dengan Al-Qur’an, ajaran Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam dan para sahabat beliau, baik berkaitan dengan akidah maupun ibadah, sebagai kebalikan dari bid’ah

D Sesuatu yang diriwayatkan dari Nabi shalalllahu ‘alaihi wasallam, baik berupa ucapan, perbuata, taqrir, sifat, serta perjalanan hidup beliau


Kunci Jawaban : D

80.

Definisi As-Sunnah menurut ulama salaf adalah ….


A. Segala sesuatu yang dinukil dari Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam, tetapi bukan perkara yang diungkapkan secara tegas dalam Al-Qur’an

B. Ungkapan untuk sesuatu yang hukumnya tidak wajib, yakni hukumnya sunnah

C Segala sesuatu yang sesuai dengan Al-Qur’an, ajaran Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam dan para sahabat beliau, baik berkaitan dengan akidah maupun ibadah, sebagai kebalikan dari bid’ah

D. Sesuatu yang diriwayatkan dari Nabi shalalllahu ‘alaihi wasallam, baik berupa ucapan, perbuata, taqrir maupun sifat


Kunci Jawaban : C

81.

Berikut ini merupakan sebutan atau nama lain dari Ahlus Sunnah wal Jama’ah, kecuali ….


A. Ath-Thaaifah Al-Manshuurah

B Mu’tazilah

C. As-Salafiyyah

D. Al-Firqah An-Naajiyah


Kunci Jawaban : B

82.

Manhaj salaf dalam beraqidah, hanya membatasi sumber pengambilan aqidahnya hanya dari ….


A. Khurafat nenek moyang

B. Mimpi para wali atau kiayi

C. Akal masing-masing individu

D Kitabullah dan Sunnah Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam, serta memahaminya dengan pemahaman As-Salaf


Kunci Jawaban : D

83.

Tidak ada ruang bagi akal dan qias untuk masuk kedalam pembahasan Aqidah, karena Aqidah secara umum membahas tentang ….


A Perkara-perkara ghaib

B. Perkara-perkara zhahir

C. Hukum halal dan haram

D. Hukum yang berkaitan dengan muamalah dengan makhluq


Kunci Jawaban : A

84.

Berikut ini diantara sebab yang mendasari penyimpangan ahlul bid’ah, kecuali ….


A. Tidak mengambil agama dari Al-Qur’an dan As-Sunnah namun melalui akal atau taklid buta

B Tunduk kepada wahyu dan tidak membantahnya dengan akal maupun memperdebatkannya

C. Berdalil dengan dalil yang lemah, bersifat mutasyaabih, dan tidak memahami dalil dengan pemahaman yang benar

D. Tahriif (merubah) dalil-dalil yang ada dan mentakwilnya dengan pentakwilan yang rusak


Kunci Jawaban : B

85.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

قُلْ إِنْ كُنْتُمْ تُحِبُّونَ اللَّهَ فَاتَّبِعُونِي يُحْبِبْكُمُ اللَّهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ

“Katakanlah (wahai Muhammad): ‘Jika kalian (benar-benar) mencintai Allah, maka …….’.” (QS. Ali ‘Imran: 31)

Lanjutan yang tepat dari terjemahan hadits di atas adalah ….


A. Ikutilah kebanyakan manusia, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosa kalian

B. Ikutilah nenek moyangku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosa kalian

C Ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosa kalian

D. Ikutilah keturunanku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosa kalian


Kunci Jawaban : C

 

0 komentar:

Posting Komentar